GIAT JAN - AGST 2011



HALAL BIHALAL WARGA KOSEK HANUDNAS II
Pentak Kosekhanudnas II - 31/08/2011
Setelah sebulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa dan libur lebaran untuk merayakan hari raya idul fitri 1432 H yang jatuh pada tanggal 31 Agustus, Pangkosek Hanudnas II Marsekal Pertama TNI Agoes Haryadi beserta seluruh warga Makosek Hanudnas II mengadakan halal bihalal dan saling bermaafan yang bertempat di rumah jabatan Pangkosek Hanudnas II, Rabu (31/8). Acara yang dilaksanakan setelah sholat idul fitri ini dihadiri oleh para Perwira, Bintara, Tamtama, serta PNS Makosek Hanudnas II.

Kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya. Karena pada kesempatan yang baik inilah seluruh umat muslim dapat saling bermaaf-maafan baik kepada sesama rekan, maupun kepada atasan kita dengan hati yang tulus ikhlas, dengan harapan menghapuskan semua dosa dan kesalahan serta kembali kepada fitrah-Nya.
Sumber, http://tni-au.mil.id/



Walikota Tanjungpinang dan Warga Masyarakat
“Open House” di Kediaman Danlanud Tpi
Pentak Lanud Tpi - 2/09/2011
Walikota Tanjungpinang Ibu Suryatati A. Manan beserta rombongan melakukan kunjungan silaturahmi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri di kediaman Danlanud Tanjungpinang Letkol Pnb M.J. Hanafie.

Hari Raya Idul Fitri tentu membuat setiap umat Muslim yang merayakannya merasa sangat bersemangat dalam menyambut datangnya hari kemenangan, Rabu (31/8). Selain saling mengunjungi dan saling memaafkan dengan sanak keluarga atau kerabat dekat, “open house” menjadi salah satu tradisi yang kerap dilaksanakan di Hari Raya. Tak terkecuali kediaman Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb M.J Hanafie yang sejak usai Sholat Idul Fitri telah di datangi oleh warga Lanud Tpi dan masyarakat sekitar untuk bersilaturahmi.

Setiap tamu yang datang disambut langsung oleh Komandan Lanud TPI beserta Ibu Florensia Hanafie beserta keluarga. Senyum, ramah-tamah dan tawa sangat kental terlihat dari raut wajah para tamu yang sebagian besar anggota lanud Tpi dan keluarganya itu mana kala Komandan Lanud TPI mengeluarkan banyolan dengan logat Jawa Timurnya tersebut.

Tidak hanya warga Lanud Tpi dan masyarakat umum, Malam harinya Kediaman Danlanud Tpi juga di kunjungi oleh Walikota Tanjungpinang Ibu Suryatati A. Manan berserta sekitar 40 orang rombongan terdiri dari para pejabat dijajaran Pemko Tanjungpinang. Selain Walikota, siang harinya Danlanud juga menerima kunjungan silaturahmi Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Bapak Nursafriyadi dan Pejabat FKPD (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) lainnya.

Disela-sela kesibukannya menerima tamu, Danlanud Tpi beserta Ibu Florensia Hanafie juga menyempatkan diri untuk bersilaturahmi kepada beberapa jajaran FKPD diantaranya silaturahmi ke kediaman Gubernur dan Wagub Kepri, Kajari, Danlantamal IV Tpi, Danrem 003, dan Walikota Tanjungpinang.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


PIA Lanud Adi Peduli Untuk Berbagi
Pentak Lanud Adi - 26/08/2011
Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah bagi umat muslim. Di bulan ini tidak hanya digunakan umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa saja, namun tak jarang pula di bulan yang penuh nikmat ini kerap menjadi moment penting bagi sebagian orang untuk menimba pahala dan berkah. Salah satunya dengan bershodaqoh, menyisihkan sedikit rezeki untuk berbagi kepada sesama, khususnya anak-anak yatim piatu.

Hal seperti itulah yang dilakukan oleh PIA Ardhya Garini Lanud Adisutjipto. Di bulan yang penuh berkah tersebut, PIA Lanud Adisutjipto, Jumat (26/8) berbagi kasih dengan menyalurkan zakat ke Panti Asuhan Yatim Piatu dan Duafa Muhammadiyah Prambanan.

Zakat dari PIA Lanud Adisutjipto berupa 200 kilogram beras itu, diserahkan oleh Kepala Seksi Pembinaan Mental Mayor Sus Arroby. Selain beras, PIA Lanud Adisutjipto juga memberikan takjil berupa 200 dos nasi dan 200 snack box.

Kasi Bintal mengatakan, Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah untuk berbagi dan menyucikan rezeki yang dimiliki. Bukan hanya berbagi dengan orang terdekat, namun juga kepada orang-orang yang kurang beruntung.

“Semangat berbagi dengan sesama apalagi di Bulan Suci Ramadhan merupakan kebahagiaan dan anugrah dari Allah SWT,” terangnya usai menyerahkan zakat.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


UJI KESIAPAN YON 463 PASKHAS
Pentak Lanud Iwj - 26/08/2011
Prajurit Batalyon 463 Paskhas saat melaksanakan latihan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) di Batalyon 463 Paskhas, Lanud Iswahjudi, Kamis (25/8). (Foto Yon Paskhas).

Puasa tak menyurutkan semangat prajurit Batalyon 463 Paskhas untuk melaksanakan latihan, guna mencapai tingkat kesiapan operasional yang tinggi, Batalyon 463 Paskhas, mengemas dalam latihan “Uji Kesiapan Satuan Batalyon 463 Paskhas” Jumat (26/8).

Untuk mencapai tingkat kesiapan operasi yang tinggi dalam menunjang tugas pokok aspek matra udara tak terkecuali kesiapan operasi dari unsur Paskhas, maka Batalyon 463 Paskhas menggelar Latihan Uji Kesiapan Batalyon 463, selama tiga hari (23-25/8) dengan lokasi latihan daerah Kabupaten Magetan dan sekitarnya.

Batalyon 463 Paskhas yang berkedudukan langsung dibawah Wing II Paskhas sebagai salah satu ujung tombak pelaksana operasi mempunyai tugas melaksanakan Pertahanan/Alutsista/Instalasi TNI AU dan SAR Tempur serta operasi lainnya sesuai kebijakan Panglima TNI.

Sehingga dalam rangka mendukung kesiapan operasional satuan yang diharapkan, maka dibawah pimpinan Komandan Batalyon 463 Paskhas Mayor Psk Roosen L. Sinaga telah menyelenggarakan Uji Kesiapan Satuan guna meningkatkan kemampuan tempur prajurit.

Adapun thema dari latihan ini adalah “Dengan Uji Kesiapan Satuan, Kita tingkatkan profesionalisme Prajurit guna mendukung kesiapan operasi Batalyon 463 Paskhas”. Sedangkan materi latihan dalam pelaksanaan Uji Kesiapan Satuan dibagi dalam 2 kategori yaitu Uji Kesiapan Perorangan dan Uji Kesiapan Satuan.

Untuk Uji Kesiapan Perorangan materi yang diujikan adalah Lari 5 KM, Renang 50 M, Menembak Senapan jarak 100 M (3 sikap) dan Menembak Pistol jarak 25 M untuk Perwira, Halang Rintang, Lempar Pisau serta Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK).

Sedangkan untuk Uji Kesiapan Satuan materi yang diujikan adalah Perebutan Pangkalan, Pertahanan Pangkalan (Hanhor), Pertahanan Udara (Hanver) dan SAR Tempur. Pada hari pertama dan kedua, seluruh Prajurit Batalyon 463 Paskhas melaksanakan Uji Kesiapan Perorangan dilanjutkan hari ketiga melaksanakan Uji Kesiapan Satuan.

Tim Penilai Mako Korpaskhas Letkol Psk Elia Adrianto menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh prajurit Batalyon 463 Paskhas karena telah melaksanakan latihan ini dengan semangat sehingga tercapai sasaran yang diinginkan yaitu terwujudnya kemampuan dan kesiapan tempur satuan, keterampilan bergerak di medan serta tercapainya zero accident dalam latihan.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


APEL KHUSUS DALAM MENYAMBUT IDUL FITRI 1432 H
Pentak Lanud Spo - 26/08/2011
Memasuki puasa hari ke-26, Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos mengambil Apel Khusus di Apron Lanud Supadio, Jumat (26/8). Apel Khusus ini diikuti oleh seluruh pejabat dan anggota di satuan kerja jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Batalyon 465 Paskhas dan para Pegawai Negeri Sipil.

Apel Khusus juga diikuti Kadisops Lanud Supadio Letkol Pnb Tjahya Elang Migdiawan, Kadislog Lanud Supadio Letkol Tek Chandra Komar, Kadispers Lanud Supadio Letkol Adm Tonelson Siburian, S.Si, Danskadron Udara 1 Letkol Pnb Deni Hasoloan Simanjutak, Danyon 465 Paskhas Mayor Psk Rana Nugraha, dan para pejabat di lingkungan Lanud Supadio.

Dalam apel tersebut, lebih lanjut Komandan Lanud juga mengatakan, bagi anggota yang akan mudik lebaran diucapkan selamat jalan, mohon maaf lahir dan batin, hati-hati dan jaga keselamatan selama dalam perjalanan terutama bagi anggota yang melaksanakan mudik ke kampung halamannya di luar garnisun, hindari terlibat masalah selama melaksanakan cuti lebaran, pesannya.

Lanjut Danlanud mengatakan, agar sebelum meninggalkan rumah setiap anggota harus mengecek keberadaan rumah dalam keadaan terkunci dan aman, sampaikan kepada ketua ke RT masing-masing atau kepada tetangga kiri kanan yang kebetulan tidak melaksanakan mudik atau tinggal ditempat. Hal ini hendaknya dilakukan untuk meningkatkan pengamanan, yang bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas keamanan namun diperlukan kepedulian dan kewaspadaan warga setempat, katanya.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


LANUD SUPADIO SALURKAN ZAKAT FITRAH
Pentak Lanud Spo - 26/08/2011
Danlanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos menyerahkan zakat fitrah kepada perwakilan penerima zakat fitrah, bertempat di Masjid Baitussalam Lanud Supadio, Jumat (26/8)

Danlanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos atas nama anggota Lanud Supadio dan keluarga secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada Ketua Panitia kegiatan zakat Fitrah 1432 H/ 2011 M Kapten Kal Hari Setiawan di Masjid Baitussalam Lanud Supadio, Jumat (26/8). Pengumpulan zakat fitrah ini dikoordinir oleh Plh Kasibintal Lanud Supadio Lettu Sus Dwi.

Menurut Danlanud pemberian zakat fitrah dimaksudkan, selain untuk melaksanakan rukun Islam yang ke 4 juga sebagai bentuk kepedulian warga Lanud Wiriadinata kepada masyarakat yang kurang mampu. Zakat fitrah ini untuk selanjutnya akan disampaikan kepada yang berhak menerimanya seperti fakir, miskin, amilin, hamba sahaja dan sabilillah serta masyarakat yang kurang mampu di sekitar Lanud Supadio.

Menurut Kapten Kal Hari Setiawan, zakat fitrah personel Lanud Supadio dikumpulkan panitia di Masjid. Baitussalam Lanud Supadio Diperkirakan akan terkumpul dana sekitar 44.500.000 (Empat Puluh Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dari pembayaran tiap-tiap personel Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Batalyon 465 Paskhas serta ditambah dengan zakat dari keluarganya masing-masing, termasuk zakat maal, infaq dan shodaqoh.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


Danlanud Adisutjipto Tinjau Bandara
Pentak Lanud Adi - 26/08/2011
Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Abdul Muis mendengarkan penjelasan tentang Data Penumpang Lebaran 2011 dari petugas bandara, saat peninjuan di Bandara Adisutijpto.

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Abdul Muis, Kamis (25/8) melakukan kunjungan kerja di Rumah Sakit Angkatan Udara Harjo Lukito. Kedatangan Komandan Lanud di rumah sakit tersebut, diterima langsung oleh Kepala Rumah Sakit, dokter Krismono Irwanto.

Selama mengunjungi rumah sakit, Komandan Lanud meninjau beberapa ruang pelayanan, diantaranya klinik gigi, klinik jantung dan klinik mata, ruang UGD, rontgen, laboratorium, ruang fisioterapi dan ruang cuci darah. Selain itu Komandan Lanud juga meninjau dapur dan kamar rawat inap.

Selesai meninjau rumah sakit, kunjungan dilanjutkan ke Mako Paskhas Kompi “E” BS. Di Mako Baret Jingga ini, kedatangan Komandan Lanud diterima Danflight Paskhas Kapten Psk Verial dan Dan Ton Pam II Lettu Psk Siswo Budiyanto.

Sebelum mengunjungi rumah sakit dan Mako Paskhas, Komandan Lanud dengan didampingi sejumlah pejabat Lanud Adisutjipto terlebih dahulu mengunjungi Bandara Adisutjipto. Kunjungan ke bandara dimaksudkan untuk melakukan cek kesiapan pengamanan menyambut lebaran.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


KETUA IKKT KOSEKHANUDNAS IV BERIKAN SANTUNAN KE PANTI ASUHAN HIDAYATULLAH
Pentak Kosekhanudnas IV - 26/08/2011
Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 06 Kosekhanudnas IV, Ny Dewi Titi Dedy N.K, beserta pengurus mengunjungi Panti Asuhan Hidayatullah yang terletak di Ridge Desa Mandow Distrik Samofa Kabupaten Biak Numfor, Kamis (25/8) disambut oleh Pengasuh Panti Asuhan Hidayatullah Muhammad Panji dan anak panti asuhan.

Dalam kesempatan itu Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 06 Kosekhanudnas IV Ny Dewi Titi Dedy N.K menyampaikan maksud kunjungan ke Panti Asuhan Hidayatullah ini adalah merupakan ujud kepedulian sosial pengurus IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 06 Kosekhanudnas IV dan untuk menjalin tali kasih serta berbagi terhadap sesama, apalagi di bulan suci Ramadhan yang penuh rahmat dan berkah ini.

Pengasuh Panti Asuhan melaporkan bahwa anak-anak Panti Asuhan Hidayatullah berjumlah sebanyak 20 orang yang masih membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari dermawan untuk membiaya pembangunan gedung Panti Asuhan serta untuk biaya kehidupan anak-anak di Panti Asuhan ini Pengasuh Panti Asuhan mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 06 Kosekhanudnas IV dan pengurus karena telah berkenan mengunjungi Panti Asuhan Hidayatullah.

Pada kesempatan itu Ketua IKKT Pragati Wira Anggini Ranting 06 Kosekhanudnas IV Ny Dewi Titi Dedy N.K menyerahkan bingkisan dan bantuan terhadap Pantis Asuhan hidayatullah dan dilanjutkan meninjau Panti Asuhan. Demikian disampaikan Kapentak Kosekhanudnas IV Kapten Sus Rinaldi, S.Ag
Sumber, http://tni-au.mil.id/


Penyerahan Zakat Fitrah Personel Lanud Suryadarma
Pentak Lanud Sdm - 26/08/2011
Bertempat di halaman apel Markas Lanud Suryadarma, Kalijati Kamis (25/8) usai apel pagi dilaksanakan penyerahan zakat fitrah seluruh personel Lanud Suryadarma diwakili Komandan Lanud Suryadarma Kol. Pnb Heraldy Dumex Dharma, S.AP, M.Si., kepada Kapten Sus Aan Syarifuddin S.Ag., Ketua Panitia Amaliah Ramadhan Lanud Suryadarma.

Prosesi pelaksanaan penyerahan zakat fitrah didahului dengan pembacaan dua niat membayar zakat fitrah yang dipimpin oleh PNS Lili Hidayat yang ditirukan oleh seluruh peserta. Niat pembayaran zakat fitrah pertama ditujukan untuk masing-masing personel Lanud Suryadarma sedangkan niat kedua pembayaran zakat fitrah untuk istri/suami dari personel Lanud Suryadarma.

Menurut Kapten Aan Syarifuddin S.Ag., zakat fitrah personel dan keluarga Lanud Suryadarma dikumpulkan panitia di Masjid Jami Ar Rohman Lanud Suryadarma. Diperkirakan akan terkumpul dana sekitar 25 juta rupiah dari pembayaran sebesar Rp 20.000,-, tiap-tiap personel ditambah dengan zakat dari keluarganya masing-masing, termasuk zakat maal, infaq dan shodaqoh. Rencananya dana akan dibelanjakan beras untuk dibagikan kepada muzaki yang bermukim di wilayah sekitar Lanud Suryadarma pada Hari Minggu (28/8) di Masjid Jami Ar Rohman. Masing-masing paket zakat fitrah berisi beras dan uang.


UMAT KATOLIK TNI AU & PNS IKUTI MISA SYUKUR
Pentak Lanud Hsn - 25/08/2011
Tampak pada gambar Umat katolik TNI AU dan PNS saat do’a bersama berbaur dengan para prajurit TNI/Polri dan PNS sewilayah Gartap II/Bdg. (Foto: Pentak Husein).

Tidak kurang 90 umat Katolik anggota TNI AU dan PNS mengikuti misa syukur yang diselenggarakan di Gereja Katolik St. Petrus Katedral, Jl. Merdeka No. 14 Bandung, Kamis (25/8).

Menurut Sekretaris Panitia yang juga selaku Paroh Kristiani Lanud Husein S., PNS J. Purbiyantoro, misa syukur dengan kegiatan do’a bersama yang diadakan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-66 dipimpin Uskup TNI-Polri Ign Suharyo, Pr., yang kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Tema yang diusung dalam misa ini adalah “Dijiwai Semangat Proklamasi 1945 Kita Mantapkan Disiplin dan Profesionalisme dalam Rangka Meningkatkan Kinerja satuan”. Adanya memontum ini tambah J. Purbiantoro, dijadikan semangat sesuai semboyan yang dikehendaki almarhum Mgr. Soegijapranata, yaitu “Seratus Persen Katolik dan Seratus persen Indonesia,” dengan artian sebagai seorang Katolik kita mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia dengan menjaga dan melanjutkan cita-cita para pahlawan yang rela berkorban jiwa dan raga unruk kemerdekaan bangsa.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


DANWINGDIKTEKKAL LEPAS SISWA MUDIK LEBARAN

Pentak Wdt - 25/08/2011
Danwingdiktekkal, Kolonel Tek Agus Yulianto sedang memberikan pengarahan kepada para siswa sebelum pemberangkatan mudik lebaran bersama di ksatrian Dirgantara Wingdiktekkal.

omandan Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan (Danwingdiktekkal), Kolonel Tek Agus Yulianto melepas sebanyak 279 siswa Wingdiktekkal untuk melaksanakan mudik lebaran bersama dari Ksatrian Dirgantara Wingdiktekkal Kalijati, Kamis (25/8). Kegiatan mudik bersama yang diawali dengan apel khusus yang di pimpin oleh Komandan Wingdiktekkal kemudian diberikan beberapa pengarahan kepada para siswanya dan dilanjutkan dengan pelepasan.

Komandan Wingdiktekkal dalam pengarahannya “Jagalah diri kalian baik sikap maupun perkataan selama di perjalanan, tidak lupa untuk tetap junjung tinggi kode etik TNI dimanapun kalian berada dan saya mengharapkan kepada seluruh siswa agar kembali ke Ksatrian Wingdiktekkal dengan tepat waktu dalam keadaan sehat waal’fiat sehingga dapat mengikuti kegiatan pendidikan lagi.

Kegiatan mudik lebaran bersama ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1432 H, juga sebagai bentuk kepedulian (Danwingdiktekkal) kepada para siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kebersamaan serta memelihara keamanan siswa dalam perjalanan, sehingga dapat sampai ke tempat tujuan dan kembali lagi ke ksatrian dengan selamat sesuai dengan yang diharapkan.

Dalam pelaksanaannya, Wingdiktekkal menyediakan kendaraan dinas berupa dua unit bus dan satu unit truk untuk tujuan wilayah timur dalam rangka mendukung kegiatan mudik lebaran bersama ini dengan rute perjalanan Kalijati – Solo (Pulang-Pergi) yang diikuti sebanyak 108 siswa sedangkan siswa lainnya menggunakan kendaraan umum untuk tujuan wilayah barat.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


DANLANUD PADANG SERAHKAN PAKET LEBARAN
Pentak Lanud Pda - 25/08/2011
Komandan Lanud Padang Ltk Awang Kurniawan,ST menyerahkan paket lebaran kepada perwakilan anggota Lanud Padang Kamis, (25/8) di Mako Lanud Padang Sumatera Barat.

Komandan Lanud Padang Ltk PNB Awang Kurniawan, ST menyerakan paket lebaran kepada seluruh anggota Lanud Padang Kamis, (25/8) di Mako Lanud Padang Sumatera Barat. Hadir dalam acara tersebut Para kadis, Dansatpom, Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Honorer Lanud Padang. Acara di dahului penyerahan bingkisan secara simbolik dilakukan Komandan Lanud Padang kepada perwakilan dan di lanjutkan sealuruh anggota mengambil paket yang telah di sediakan. Satu paket lebaran berisi antara lain minyak goring, tepung terigu, margarine, sirup, gula, kue kering, kopi, teh dll. Komandan Lanud Padang Ltk PNB Awang Kurniawan, ST berharap dari pembagian paket lebaran ini dapat bermanfaat untuk menyabut datangnya bulan suci Ramadhon dan hari raya Idul Fitri 1432 H/2011 M.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


Panglima TNI dan Kapolri Kuker di Makassar
Pentak Lanud Hnd - 25/08/2011
Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dan Kapolri Jenderal TNI Timur Pradopo beserta rombongan, Rabu siang (24/8) tiba di Gedung Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin dalam rangkaian kunjungan kerja di Makassar Sulawesi Selatan.

Di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan disambut oleh para pejabat TNI di Makassar, diantaranya Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Amril Amir, Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Ismono Wijayanto, Kapolda Sulselbar Irjen Pol Jhony Wainal Usman, Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama TNI Agus Supriyadi, Komandan Lantamal VI Brigjen TNI (Mar) Chaidier Pattonory dan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Barhim , Komandan Wing 5 Kolonel Pnb Mujianto, ST masing-masing beserta Ibu serta pejabat Muspida lainnya.

Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan yang menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara Boeing 737 dari Gedung Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin selanjutnya menuju Gedung Balai Prajurit Jenderal M. Yusuf untuk memberikan pengarahan kepada para perwira ketiga angkatan TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri sewilayah Makassar , pada malam harinya Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan serta para Pejabat TNI di Makassar bersilaturahmi kepada Gubernur Sulawesi Selatan DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH,MSi,MH di rumah jabatan Gubernur Sulsel, hadir Ketua DPRD Sulawesi Selatan Mohammad Roem dan pejabat Muspida lainnya.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


ANGGOTA APEL KHUSUS, KARBOL AAU BERANGKAT LATIHAN PARA DASAR
Pen AAU - 25/08/2011
Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda (Marsda) TNI IB. Putu Dunia mengambil apel sekaligus memberangkatkan karbol TK III ke Lanud Sulaeman untuk melaksanakan latihan para dasar. Upacara Pemberangkatan dilakukan di lapangan Dirgantara Kampus AAU. Kamis (25/8) dengan Komandan Upacara Mayor Pnb Arif S. Yang menjabat sebagai Kadisops Wingkarbol AAU.

Dalam sambutannya Gubenur AAU, banyak berpesan kepada seluruh anggota yang mulai besok juga akan melaksanakan cuti lebaran. Sedangkan untuk karbol juga akan diberngkatkan ke Lanud Suleman bandung. Menurut beliau cuti ini harus di gunakan dengan bertanggung jawab, dan seluruh anggota harus mematuhi ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga. Sedangkan Para dasar merupakan latihan wajib yang telah diatur sesuai jadwal kalender pendidikan AAU pada semester ganjil, selain untuk memberikan pengalaman tentang teknik terjun statik sekaligus untuk menanamkan semangat cinta dirgantara dan kebanggaan sebagai perwira TNI AU. di jelaskan latihan para dasar akan berlangsung selama satu bulan dengan materi latihan meliputi baik tahap ground traning maupun praktek terjun. Ditambahkan mengigat latihan itu memiliki tingkat resiko kecelakaan yang relatif tinggi, kepada para karbol di minta untuk senantiasa mematuhi seluruh mekanism latihan yang telah di tentukan khususnya yang menyangkut aspek fisik dan mental. manfaatkan kesempatan ini secara optimal, penuh semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi serta disiplin mengikuti prosedur yang berlaku. Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan, patuhi semua instruksi para pelatih, agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari, jalin kerja sama dengan semua peserta latihan dengan baik, lakukanlah cek dan re-cek pada setiap kegiatan dan tidak kalah penting, menjaga citra sebagai karbol AAU.

Menurut rencana latihan para dasar ini akan berakhir tanggal 4 Oktober. 2011. Dan keberangkatan karbol ke lanud Sulaeman bandung, diikuti oleh komandan latihan sekaligus Komandan Wingkarbolau Kol Pnb Sugiarto, dan para komandan fligt sera elemen AAU.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


Komandan Lanud Adisutjipto Buka Puasa Bersama
Pentak Lanud Adi - 25/08/2011
Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Abdul Muis menggelar Buka Puasa Bersama di Gedung Serba Guna Adisutjipto, Rabu (24/8). Buka Puasa Bersama dihadiri para pejabat dan anggota Lanud Adisutjipto, siswa Sekbang, siswa SIP, siswa SIN, siswa Semaba PK Wara dan Ibu-ibu anggota PIA Lanud Adisutjipto.

Rangkaian acara Buka Puasa Bersama diisi dengan siraman rohani dari ustadz K.H. Abdul Kholik. Dalam tausiyahnya, K.H. Abdul Kholik mengatakan salah satu dari sekian banyak kebaikan dalam ajaran Islam adalah bahwa seseorang harus mengawali setiap kegiatannya dengan mengucap bismillah.

“Mengingat Allah sebelum memulai suatu pekerjaan merupakan bagian pengakuan awal bahwa segalanya adalah ciptaan Allah dan bahwa aktivitas apapun yang akan dikerjakan telah diridhai oleh-Nya sehingga hal ini akan membangun derajat kesadaran dan rasa syukur pada Sang Pencipta,” jelas ustadz yang juga Ketua MUI Kabupaten Bantul ini.

Namun kadangkala, ujar K.H. Abdul Kholik kebanyakan dari kita tidak sadar memulai segala aktivitas atau kegiatan tanpa mengucapkan membaca kalimat bismillah, padahal diterima atau tidak amal perbuatan seseorang bergantung pada kalimat tersebut.

Sementara Komandan Lanud dalam sambutannya mengatakan, Buka Puasa Bersama merupakan ajang silahturahmi untuk mengakrabkan tali persaudaraan dan memperkokoh Ukhuwah Islamiah, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar anggota, yang pada akhirnya akan berdampak pula pada peningkatan kinerja seluruh personel Lanud Adisutjipto.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


PANITIA ZAKAT BAGIKAN 7 TON LEBIH BERAS KE FAKIR MISKIN
Pentak Lanud Iwj - 25/08/2011
Panitia Zakat Fitrah, membagikan beras Zakat Fitrah ke fakir miskin sekitar Lanud Iswahjudi di halaman Masjid Al Ukhuwwah, Kamis (25/8). (Foto Pentak Lanud Iswahjudi).

Hingga hari ke 25 di bulan Ramadhan 1342 Hijriah Panitia Penerimaan Zakat Fitrah Masjid Al Ukhuwwah Lanud Iswahjudi, telah mengumpulkan lebih dari tujuh (7) ton beras dan uang tunai lebih dari sebelas juta dari warga Lanud Iswahjudi dan warga sekitarnya, Rabu (25/8).

Sebelumnya, ijab qobul penyerahan zakat fitrah secara simbolis dari Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI M. Syaugi, S.Sos., kepada Ketua Panitia Zakat Fitrah, Kasi Bintal Lanud Iswahjudi, Mayor Sus Jusron Effendi, S.Ag., M.Sc., bertepatan dengan peringatan Nuzulul Qur’an beberapa waktu yang lalu.

Mengingat banyaknya Panti-Panti Asuhan, Yayasan Sosial dan warga miskin yang berada di sekitar Lanud Iswahjudi, yang ingin mendapatkan pembagian beras zakat fitrah, maka hari ini Rabu (24/8) panitia mulai menyalurkan hasil zakat fitrah tersebut.

Sementara hasil zakat yang sudah terkumpul akan disalurkan ke sejumlah Panti-Panti asuhan, Yayasan sosial serta fakir miskin di 31 Desa disekitar Lanud Iswahjudi, dengan jumlah yang bervariatif.

Menurut Ketua Panitia Zakat Fitrah Mayor Sus Jusron, selain zakat fitrah panitia juga menerima infaq, zakat mal, fi’diah dan sodaqoh bagi warga komplek Lanud Iswahjudi dan warga sekitarnya hingga menjelang malam sebelum hari raya Idhul Fitri.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


APEL KHUSUS JELANG LEBARAN
Pentak Lanud Iwj - 25/08/2011
Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI M. Syaugi, S.Sos, memberikan arahan kepada para Komandan satuan usai pelaksanaan apel khusus di lapangan Dirgantara, Kamis (25/8). (Foto : Pentak Lanud Iswahjudi).

Semuanya pasti pingin cuti yang lama, demikian diungkapkan Komandn Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama TNI M. Syaugi, S.Sos pada apel khusus menyambut Idul Fitri 1432 H yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Iswahjudi dan Insub di lapangan Dirgantara, Kamis (25/8).

Di penghujung bulan Ramadhan ini atfosmer lebaran Idul Fitri 1432 H sudah terasa dengan makin padatnya arus lalu lintas dan ramainya pusat perbelanjaan, untuk itu Danlanud Iswahjudi menekankan kepada warga Lanud Iswahjudi untuk mensikapi hal tersebut dengan dewasa, agar tidak terbawa arus yang dapat merugikan diri sendiri.

Mengingat momentum Idul Fitri yang sudah mentradisi dengan melaksanakan mudik sebagai wujud kemenangan dengan merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Terkait hal tersebut, Komandan Lanud Iswahjudi kepada para komandan satuan, agar membagi jadwal cuti sesuai aturan yang sudah ditetapkan oleh dinas.

Namun demikian, Marsma TNI M. Syaugi, S. Sos menyadari bahwa semua pingin cuti yang lama untuk merayakan Idul Fitri dengan keluarga, akan tetapi sebagai anggota TNI aturan harus selalu dipatuhi untuk kembali sesuai waktu yang telah ditetapkan.

Dalam melaksanakan cuti/mudik, lanjutnya, untuk selalu mematuhi semua ketentuan yang berlaku termasuk rambu lalu lintas. Periksa kondisi kendaraan dan jangan lupa dokumen kelengkapan serta selalu waspada dalam berkendara. Sedangkan lingkungan rumah dan perkantoran yang ditinggalkan hendaknya diwaspadai agar terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


DANLANUD WIRIADINATA SERAHKAN ZAKAT FITRAH
Pentak Lanud Wir - 25/08/2011
Komandan Lanud Wiriadinata secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada Ketua panitia kegiatan amal Ramadhan 1432 H Kapten Didid Haryadi ST di lapangan apel Lanud Wiriadinata.

Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb Rudi Faisal atas nama anggota Lanud Wiriadinata dan keluarga secara simbolis menyerahkan zakat fitrah kepada Ketua Panitia kegiatan amal Ramadhan 1432 H/ 2011 M Kapten Lek Didi Haryadi ST di lapangan apel lanud Wiriadinata, Kamis (25/8). Pengumpulan zakat fitrah ini dikoordinir oleh Kasubsi Bintal Lanud Wiriadinata Pns H. Agus Husin S.

Menurut Komandan Lanud Wiriadinata pemberian zakat fitrah dimaksudkan, selain untuk melaksanakan rukun Islam yang ke 4 juga sebagai bentuk kepedulian warga Lanud Wiriadinata kepada masyarakat yang kurang mampu. Zakat fitrah ini untuk selanjutnya oleh Seksi Bintal Lanud Wiriadinata akan disampaikan kepada yang berhak menerimanya seperti fakir, miskin, amilin, hamba sahaja dan sabilillah serta masyarakat yang kurang mampu di sekitar Lanud Wiriadinata. Mengenai pembagian Zakat fitrah ini telah diatur dalam Al- Qur’an surat Al-baqarah ayat 60.

Pada saat mengambil apel pagi Komandan Lanud Wiriadinata mengatakan, bagi anggota yang akan mudik lebaran diucapkan selamat jalan, mohon maaf lahir dan batin, hati-hati dan jaga keselamatan selama dalam perjalanan terutama bagi anggota yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan dan membahayakan kita, pesannya.

Lanjut Letkol Pnb Rudi Faisal mengatakan, agar sebelum meninggalkan rumah setiap anggota harus mengecek keberadaan rumah dalam keadaan terkunci dan aman, sampaikan kepada ketua ke RT masing-masing atau kepada tetangga kiri kanan yang kebetulan tidak melaksanakan mudik atau tinggal ditempat. Hal ini hendaknya dilakukan untuk meningkatkan pengamanan, yang bukan hanya menjadi tanggung jawab petugas keamanan namun diperlukan kepedulian dan kewaspadaan warga setempat, katanya.
Sumber, http://tni-au.mil.id/


CEPAT DAN BENAR
Pentak Lanud Iwj - 25/08/2011
Komandan Lanud Iswahjudi, Marsma TNI M. Syaugi memasang badge 1000 jam ke Lettu Pnb Apri Arfianto diShelter Skadron Udara 14, Rabu (24/8). (Foto Pentak Lanud Iswahjudi).

 “Cepat dan benar”, itulah salah satu perkataan Danlanud Iwj, Marsma TNI M. Syaugi, S.Sos, ketika entry briefing diawal penugasan selaku Komandan Lanud Iswahjudi, hal tersebut dibuktikan oleh Lettu Pnb Apri Arfianto dari Skadron Udara 14, meraih prestasi 1000 jam terbang dengan menggunakan pesawat F-5 Tiger, Rabu (24/8).

“Cepat”, menurut hitungan waktu Lettu Apri relatif sangat cepat, meskipun masih berpangkat Lettu namuni sudah berhasil meraih 1000 jam terbang dengan satu jenis pesawat F-5 Tiger.

“Benar”, karena selalu melaksanakan prosedur baku penerbangan, meskipun kata-kata minimnya anggaran belum juga hengkang dari institusi TNI, sehingga berakibat terbatasnya jumlah dan jam terbang pesawat yang dioperasionalkan Lanud Iswahjudi.

Namun demikian, Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI M. Syaugi, S.Sos, dalam upacara transisi penyematan Badge 1000 jam terbang mengatakan bahwa mencapai 1000 jam terbang merupakan hal yang tidak mudah, sehingga prestasi yang diraih Lettu Pnb Apri patut dijadikan contoh dan motivasi bagi penerbang lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Marsma TNI M. Syaugi, Komandan Skadron hendaknya dapat membina anggotanya lebih baik lagi, baik penerbang maupun perwira teknik, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik, aman dan selamat”, lanjut Danlanud Iwj.

Lettu Pnb Apri kelahiran Boyolali 29 tahun silam merupakan lulusan AAU tahun 2004 dan Sekbang angkatan 74 , beristrikan Juwita Resty Hapsari dan ayah dari Aninata Nauval Arfianto.
Sumber, http://tni-au.mil.id/



Menteri Pertahananan RI Transit di Lanud Sultan Hasanuddin
Pentak Lanud Hnd - 24/08/2011
Menteri Pertahanan RI Purnomo Yusgiantoro beserta Ny. Lis Yusgiantoro dan rombongan , Selasa (23/8) transit di Gedung Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin dalam rangkaian kunjungan kerja di Wakatobi Sulawesi Tenggara dalam acara membuka puncak kegiatan Sail Wakatobi Belitong (SWB) 2011 di Wakatobi Sulawesi Tenggara yang diikuti oleh 40 negara.

Di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin disambut oleh para pejabat TNI di Makassar, diantaranya Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Amril Amir, Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Ismono Wijayanto, Kapolda Sulselbar Irjen Pol Jhony Wainal Usman, Pangkosekhanudnas II Marsekal Pertama TNI Agus Supriyadi, Komandan Lantamal VI Brigjen TNI (Mar) Chaidier Pattonory dan Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsekal Pertama TNI Barhim , Komandan Wing 5 Kolonel Pnb Mujianto, ST masing-masing beserta Ibu serta pejabat Muspida lainnya.

Menhan RI dan rombongan yang menggunakan pesawat Garuda melalui Bandara Sultan Hasanuddin tersebut tiba di Gedung Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin sekitar Pukul 14.30 Wita , selanjutnya dengan Pesawat TNI AU F-2701 melanjutkan penerbangan ke Wakatobi Sulawesi Tenggara . Selaian membuka puncak kegiatan Sail Wakatobi Belitong, juga menyaksikan acara pernikahan massal di bawah laut 30 pasangan pengantin di Pantai Desa Sombu Kecamatan Wangi-Wangi Wakatobi Sulawesi Tenggara.


Asops Kasau Terima Athan Australia
Dispenau - 24/08/2011
Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (Asops Kasau) Marsekal Muda TNI R Agus Munandar didampingi Paban III Latihan Sopsau Kolonel Pnb Emir Panji menerima Courtesy Call Atase Pertahanan (Athan) Australia Group Captain Nick Bricknell, di Mabesau Cilangkap, Selasa (23/8).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, dan khususnya perkembangan kerja sama antara TNI Angkatan Udara dengan Royal Australia Air Force (RAAF) baik yang sudah berjalan, sedang maupun yang akan dilaksanakan mendatang.

Tampak pada gambar; Asops Kasau Marsekal Muda TNI R Agus Munandar menerima cinderamata dari Athan Australia Group Captain Nick Bricknell di Mabesau Cilangkap, Selasa (23/8). Sumber, http://tni-au.mil.id/


IJAB KABUL ZAKAT FITRAH DI LANUD ABD SALEH
Pentak Lanud Abd - 24/08/2011
Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI A. Dwi Putranto menyerahkan zakat fitrah Komandan dan seluruh anggota Lanud beserta Insub dan para Istri/suami anggota kepada Panitia zakat fitrah yaitu Kasi Bintal Lanud Abd sebesar 89 Juta Rupiah dalam apel khusus Ijab Kabul Zakat Fitrah di Taxy Way Lanud Abd Saleh (24/8).

Zakat fitrah merupakan pembersih jiwa dan harta bagi umat muslim dan merupakan kewajiban bagi yang mampu dan selanjutnya zakat fitrah tersebut diberikan kepada masyarakat yang berhak menerimanya, jelas Komandan.

Selanjutnya Komandan juga menjelaskan tentang makna dari Idul Fitri yang sebentar lagi akan dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Idul Fitri mempunyai makna silaturahim dengan saling bermaaf-maafan kepada orang tua, saudara, teman dan orang lain. Sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk membina hubungan dengan Allah juga dengan manusia, mari kita niatkan untuk silaturahmi kepada orang tua kita, mertua, saudara dan teman-teman kita, ajaknya.

Karena dengan niat yang tulus iklas dalam menjalin hubungan baik melalui silaturahmi maka dosa-dosa kita akan terampuni, tambahnya. Apalagi di momen bulan Ramadhan ini dan Idhul Fitri nanti kita di harapkan bisa mensucikan diri dengan saling memberi maaf kepada orang yang telah kita sakiti.

Bagi anggota yang akan melaksanakan perjalanan mudik lebaran agar berhati-hati di jalan, ikuti aturan yang telah ada dan aturan cuti lebaran yang telah ditentukan agar kita semua selamat baik saat berangkat mudik maupun kembali ke rumah masing-masing, harap Komandan. Jaga nama baik TNI, jika ada masalah di jalan selesaikan dengan baik jangan berbuat kasar sehingga dapat merugikan diri sendiri maupun institusi.

Lewat apel khusus ini Komandan menyampaikan ucapan selamat idhul fitri dan permohonan maaf lahir batin kepada seluruh anggota beserta Insub dan keluarganya semoga kita akan menjadi manusia yang mendapat ridho dari Allah dan dapat meningkatkan keimanan, ketaqwaan kepada Allah SWT.

Usai apel khusus dilakukan pemberian bingkisan Komandan Lanud Abd kepada 20 orang anggota teladan dengan kriteria penilaian dalam bidang ibadahnya baik, disiplin bagus, kerjanya bagus, berhasil membina keluarga yang harmonis dan mempunyai kesemaptaan yang baik.


Ustadz H. Koko Liem Meriahkan Peringatan Nuzul Quran di Makoopsau I
Pen Koopsau I - 23/08/2011
Bertempat di Gedung Serbaguna Makoopsau I seluruh Keluarga Besar Makoopsau I melaksanakan peringatan Nuzul Quran 1432 H/2011 M, (23/08). Acara yang dilaksanakan setelah Apel Pagi tersebut diikuti oleh Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo, Kas Koopsau I Marsma TNI Agus Supriyatna, Para Pejabat Asisten, Pengurus PIA Ardhia Garini Daerah 1, serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Makoopsau I.

Dalam sambutannya Pangkoopsau I mengajak kepada seluruh umat muslim Makoopsau I agar memaknai kandungan Al-Quran, sebagaimana diterangkan Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya; "Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia, beserta penjelasan-penjelasannya mengenai petunjuk antara yang hak dan yang batil". Lebih lanjut Pangkoopsau I menambahkan bahwa Al-Quran adalah pedoman hidup yang paling benar bagi umat manusia khususnya umat muslim dan bersifat mutlak tidak dapat ditawar-tawar, untuk itu apabila setiap makna yang terkandung didalamnya diamalkan maka syurga sebagai imbalannya.

Sesuai Tema dalam Peringatan Nuzul Quran kali ini, "Dengan Hikmah Nuzul Qur’an 1432 H/ 2011 M Kita Mantapkan Disiplin dan Profesionalisme Prajurit TNI Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengabdian Kepada Bangsa dan Negara" Pangkoopsau I menghimbau agar selaku Prajurit dan PNS TNI Angkatan Udara, terutama yang beragama Islam agar selalu berpedoman kepada Al-Quran sebagai pedoman hidup dan berharap dapat memahami hikmah Nuzul Qur’an untuk dapat terus mempertebal Iman dan Taqwa serta disiplin guna meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam menghadapi tugas kedepan.

Acara semakin semarak dengan hadirnya Ustadz H. Koko Liem, SQ. Mag yang mengisi Tausiah. Dalam ceamahnya Ustadz H. Koko Liem mengajak agar umat muslim khususnya keluarga besar Makoopsau I agar tidak memiliki prasangka buruk terhadap sesama, selalu berdoa dan tunaikan selalu Solat Lima Waktu. Khusus bagi mereka yang sudah berumahtangga, Ustadz juga mengajak untuk selalu memohon petunjuk dan ridho dari Allah SWT. Ustadz juga menambahkan agar dibulan suci ini umat muslim dapat mengambil kesempatan untuk meningkatkan pahala dan keimanan serta tidak melupakan D.U.I.T (Doa Usaha Ikhlas dan Tawakal).

Disela-sela ceramahnya Ustadz Koko Liem juga menghibur dengan sajian sulap. Menurut Ustadz sulap yang disajikan bukan merupakan guna-guna atau unsur yang menggunakan bantuan jin atau syetan, sulap yang disajikan biasa digunakan ustadz sebagai media dalam berdakwah, selain itu pula dalam setiap sulapnya banyak mengandung filosofi yang dapat dijadikan pedoman bagi umat manusia.

Dalam peringatan Nuzul Quran tersebut juga diadakan pemberian zakat secara simbolis dari Pangkoopsau I kepada Bintal Koopsau I selaku panitia amil zakat yang selanjutnya akan dibagikan kepada yang membutuhkan khususnya orang-orang yang berada di lingkungan sekitar Makoopsau I. Sumber, http://tni-au.mil.id/


Danlanud Sjamsudin Noor ; “Jalin Hubungan Kerjasama Yang Baik”
Pentak Lanud Sam - 23/08/2011
Bertempat di Lapangan Apel Lanud Sjamsudin Noor, Senin (22/8) tepat pada pukul 07.00 WITA dibawah pimpinan Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Mokh. Mukhson Apel pagi dimulai.

Jam Komandan ini dimaksudkan sebagai sarana komunikasi antara anggota dengan pimpinan dan meningkatkan suasana kekeluargaan di lingkungan Lanud Sjamsudin Noor guna mendukung pelaksanaan tugas.

Dalam amanatnya Danlanud Sam menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas partisipasi seluruh personel Lanud Sam, yang secara langsung maupun tidak langsung telah melaksanakan setiap kegiatan secara aktif sehingga tugas pokok yang menjadi tanggung jawab setiap personel dapat terlaksana dengan baik.

Lebih lanjut Danlanud Sam menyampaikan kepada seluruh anggota Lanud Sjamsudin Noor yang akan merayakan Lebaran Idul Fitri 1432 H/2011, khususnya bagi anggota yang akan berlebaran dan bersilaturahmi ke luar kota ataupun pulang ke kampung halaman, ke tempat saudara dan tempat-tempat lainnya, agar senantiasa mengutamakan keamanan dan keselamatan. Atas kebijakan pimpinan, seluruh personel TNI Angkatan Udara juga mendapat keleluasaan untuk bersama-sama merayakan Idul Fitri beserta keluarga tercinta dengan diberikan kesempatan guna menikmati cuti lebaran yang dapat diambil dua hari sebelum atau sesudah Lebaran, berkaitan dengan hal tersebut Danlanud Sam menekankan agar kesempatan dan kebijaksanaan yang di berikan pimpinan supaya dipergunakan sebaik-baiknya dan dilaksanakan sesuai aturan yang telah ditentukan yaitu kembali tepat pada waktunya.

Sementara itu berkaitan dengan pelaksanaan tugas, Danlanud mengingatkan bahwa perayaan Idul Fitri bukan akhir dari segala-galanya. “Setelah Idul Fitri, tugas-tugas rutin yang merupakan bentuk pengabdian kita kepada TNI Angkatan Udara sudah siap menanti dan menuntut tanggung jawab kita untuk menyelesaikannya”. Tegas Danlanud.

Pada kesempatan yang sama, menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H/2011, guna mendukung tugas pemerintah tentang kesiapan arus mudik dan pengamanan wilayah Kalimantan Selatan yang di rangkum dalam Operasi Ketupat 2011 yang di gelar oleh Satuan Polda Kalsel, Danlanud Sam berharap kepada seluruh personel khususnya Lanud Sam agar selalu mendukung serta menjalin hubungan kerjasama yang baik terhadap lingkungan sekitar, masyarakat umum, instansi Bandara dan instansi-instansi lainnya guna tercapai nya situasi, kondisi dan lingkungan yang aman sehingga perayaan Lebaran kali ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.

Di akhir amanatnya dikatakan bahwa, sebagai prajurit yang hidup ditengah-tengah masyarakat, tentunya tidak lepas dari aturan hukum dan norma yang berlaku di masyarakat, “Jadilah contoh dan tauladan yang baik di masyarakat, dengan harapan agar hubungan yang tetap terbina akan memberikan dan menumbuhkan perilaku kerja yang positif dan dinamis dengan tetap memelihara hubungan silaturahmi”, demikian harapan Danlanud Sam. Sumber, http://tni-au.mil.id/


Kunjungan Kerja Kasau Di Pos Perwakilan TNI AU Batam
Pentak Lanud Tpi - 22/08/2011
Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat S.I.P dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Imam Sufaat beserta rombongan di sambut langsung oleh Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb M.J. Hanafie dan Ny.Florensia Hanafie di VIV Room Bandara Hang Nadim, Batam.

Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Pusat, Ny. Maya Imam Sufaat beserta rombongan mengadakan kunjungan kerja di Batam, (20/8). Pada kesempatan itu, Kasau disambut oleh Komandan Lanud Tanjungpinang Letkol Pnb M.J Hanafie dan Ketua PIA Ardhya Garini cabang 13 Lanud Tanjungpinang Ny. Florensia Hanafie beserta perwira staf Lanud Tanjungpinang di Bandara Hang Nadim, Batam.

Dalam kujungan yang berlangsung selama empat jam tersebut, Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat S.IP., menyampaikan beberapa penekanan agar seluruh personel Angkatan Udara selalu meningkatkan profesionalisme dan tetap menjaga disiplin dan kekompakan.

Kunjungan kerja Kasau beserta rombongan di Batam bertujuan meninjau secara langsung fasilitas maupun sarana dan prasarana di Poa Perwakilan TNI AU di Batam. Dimana kedepan status Pos Perawakilan TNI AU di Batam ada wacana akan ditingkatkan menjadi Lanud tipe “C” . Kasau juga melakukan peninjauan Aset TNI AU lainnya diantaranya meninjau Mess Nongsa di Batam.

Romongan Kasau yang mengikuti Kuker ke Pos Perwakilan TNI AU di Batam diantaranya Asops Kasau, MarsdaTNI Agus Munandar; Aspam Kasau, MarsdaTNI Gunpanadi; Aspers Kasau Marsda TNI Rodi Suprasojo; Asrena Kasau, Marsda TNI Eru Biatmoko; Pangkoopsau I, Marsda TNI Sunaryo; Dankorpaskhas Marsma TNI Amarullah; Kadisbangopsau, Marsma TNI Hari Mulyono; Kasdis Komlekau, Marsma TNI Sumardjo, M.sc,; Kadisfaskonau Marsma TNI Ir. Noor Arifin dan Kadispenau, Kolonel Nav Azman Yunus beserta Ibu-ibu PIA Ardhya Garini pengurus pusat. Sumber, http://tni-au.mil.id/


Pangkohanudnas Terima Kujungan Atud Australia
Pen Kohanudnas - 22/08/2011
Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) Marsekal Muda TNI J.F.P. Sitompul menerima kunjungan kehormatan Defence Attache Australia (Atase Udara Australia) Group Captain Nick Bricknell di ruang Lobby atas Makohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin, (22/8).

Dalam kesempatan itu Pangkohanudnas didampingi para Asisten lainnya. Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara Angkatan Udara Australia dengan Kohanudnas dalam bidang pertahanan udara, pertemuan berlangsung dengan penuh keakraban. Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Marsda TNI sedang berbincang-bincang dengan tamunya Atase Udara Australia Group Captain Nick Bricknell. Demikian penjelasan Kapen kohanudnas Mayor Sus Suharto. SH. (Foto : Pen Kohanudnas).


SUSBA RUSTAHMIL ANGKATAN KE-1 DIBUKA
Pentak Lanud Smo - 22/08/2011
Kepala Dinas Personel Lanud Adi Soemarmo Letkol Adm Ari Presmana Tarigan selaku Inspektur Upacara saat memeriksa pasukan pada upacara pembukaan pendidikan Susba Rustahmil Angkatan ke-1

Senin, (22/8). Pendidikan Kursus Bintara Pengurusan Tahanan Militer (Susba Rustahmil) Angkatan ke-1 dibuka dengan upacara militer di Lapangan Skadik 405 Lanud Adi Soemarmo. Selaku Inspektur Upacara Kepala Dinas Personel Lanud Adi Soemarmo Letkol Adm Ari Presmana Tarigan.

Susba Rustahmil Angkatan ke-1 diikuti 15 siswa, mereka akan menempuh pendidikan selama 3 bulan. Tujuan pendidikan ini adalah memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada peserta didik dalam bidang pengurusan tahanan militer dan diharapkan para siswa mampu melaksanakan tugas dibidang pengurusan tahanan militer diantaranya : prosedur menerima tahanan, menyimpan barang-barang milik tahanan dan lain-lain. Sumber, http://tni-au.mil.id/


KASAU SAPA PENDENGAR RADIO DIRGANTARA FM
Pentak Lanud Pbr - 22/08/2011
Disela-sela kesibukan melaksanakan kunjungan kerja dan Safari Ramadhan di Lanud Pekanbaru, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Imam Sufaat S.Ip menyapa pendengar setia radio Dirgantara FM Lanud Pekanbaru pada acara khusus yang bertajuk “sesaat di udara bersama Kasau” di studio radio Dirgantara FM 107.5 MHz Lanud Pekanbaru, Sabtu (20/8)

Pada siarannya yang berdurasi lebih kurang 15 menit tersebut, Kasau menyampaikan apresiasi yang tinggi atas keberadaan radio Dirgantara FM dengan frequensi 107.5 MHz ini, dengan harapan, keberadaannya dapat mensupport masyarakat Indonesia yang tinggal di pulau-pulau terluar atau perbatasan dengan negara lain, dengan penyajian program-program siarannya diharapkan dapat memupuk nasionalisme dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kasau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pendengar setia Dirgantara FM yang hingga saat ini jumlahnya selalu bertambah. Pada kesempatan tersebut tidak lupa AU Satu juga menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat provinsi Riau.

Radio Dirgantara FM Lanud Pekanbaru dengan frequensi 107.5 MHz tersebut merupakan satu-satunya radio yang dimiliki oleh instansi pemerintah yang ada di daerah provinsi Riau, keberadaannya cukup menarik perhatian warga kota Pekanbaru mengingat program-program siarannya dikemas berbeda dengan radio-radio yang ada lainnya. Sumber, http://tni-au.mil.id/


KASAU TINJAU AWR GUNUNG TAMANG
Pentak Lanud Spo - 22/08/2011
Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP beserta rombongan foto bersama di depan mess/kantor di kawasan Air Weapon Range (AWR) Gunung Tamang.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP melaksanakan kunjungan kerja ke Air Weapon Range (AWR) Gunung Tamang, Sabtu (20/8). Turut mendampingi Kasau antara lain : Asrena Kasau Marsda TNI Erry Biatmoko, Aspam Kasau Marsda TNI Gunpanadi Waluyo, Asops Kasau Marsda TNI Agus Munandar, Aspers Kasau Marsda TNI Rodi Suprasodjo, Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo, Kadispenau Marsma TNI Azman Yunus, Kadisbangosau Marsma TNI R. Hari Muljono, Kadisfaskonau Marsma TNI Ir. Noor Arifin, Kadiskomlekau Marsma TNI Sumardjo, M.sc, Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos, Kolonel Nav Subarno serta perwakilan dari rekanan.

Dengan menggunakan pesawat Helly Super Puma NAS 332/H 3214 dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, Bogor yang dipiloti Kapten Pnb Risdianto dan copiot Lettu Pnb Rizki beserta crew berangkat dari Lanud Supadio pukul 09.14 WIB menuju Air Weapon Range (AWR) Gunung Tamang. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit maka Kasau dan rombongan landing di helypad di kawasan Gunung Tamang.

Sesampainya di AWR Gunung Tamang Kasau beserta rombongan disambut Kepala Fasilitas dan Instalasi (Kasi Fasint) Lanud Supadio Mayor Sus Fadli Mawardi yang terlebih dahulu sampai melalui jalan darat dan air sehari sebelumnya. Setelah melaksanakan penghormatan barulah Kasau dan rombongan meninjau fasilitas yang telah ada di AWR Gunung Tamang.

Kunjungan ke AWR Gunung Tamang ini merupakan kunjungan pertama bagi Kasau beserta rombongan dengan tujuan melihat dari dekat proyek pembangunan AWR yang telah dilaksanakan. Adapun pembangunan yang telah dilaksanakan antara lain : pembangunan helypad, bangunan mess/kantor dan pagar keliling, jalur penembakan, clearing jalan, rumah genset dan genset. Sumber, http://tni-au.mil.id/


TNI AU - TUDM Rancang RGB Latma
Dispenau - 22/08/2011
Kolonel Pnb Emir Panji, PabanIII/Latihan Sopsau dan Kolonel Abdul Mutalib bin Abd Wahab dari TUDM foto bersama dengan tim perancang RGB Latma Elang Malindo di Lanud Supadio, Pontianak.

Tim TNI Angkatan Udara dan Tim Tentara Udara Diraja Malaysia (TUDM) telah merancang rencana garis besar (RGB) latihan udara bersama Elang Malindo ke-3 di Lanud Supadio, Pontianak, Sabtu (20/8).

Perancang RGB Elang Malindo ke-3 yang terdiri dari 15 personel TNI Angkatan Udara dan 10 personel TUDM itu, telah menetapkan RGB Latihan Bersama Elang Malindo yang akan dilaksanakan tanggal 24 Nopember mendatang dengan ditandangani kesepakatan bersama oleh Kolonel Pnb Emir Panji, PabanIII/Latihan Sopsau mewakili TNI AU dengan Kolonel Abdul Mutalib bin Abd Wahab mewakili TUDM.

Kesepakatan tersebut diantaranya, penetapan waktu, organisasi, tempat dan jenis latihan, Alutsista yang digunakan dan personel yang terlibat, penyelarasan tata upacara pembukaan dan penutupan Latma Elang Malindo, serta peninjauan tempat dan fasilitas (Site Survey).

Tujuan RGB latihan bersama Elang Malindo tersebut, agar tersusun program serta terselenggaranya pelaksanaan Latihan Bersama Elang Malindo mendatang dapat berjalan dengan lancar dan aman sesuai rencana.

Latihan bersama antara kedua angkatan udara merupakan wujud nyata dari persahabatan yang sudah sejak lama terjalin sebagai dua negara yang bertetangga dan kegiatan latihan bersama diharapkan tercipta rasa persaudaraan yang erat diantara kedua Angkatan Udara, khususnya dalam menciptakan keamanan wilayah kawasan secara bersama-sama. Sumber, http://tni-au.mil.id/


KUNJUNGAN KERJA KASAU DILANUD SUPADIO
Pentak Lanud Spo - 20/08/2011
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau ) Marsekal TNI Imam Sufaat S.IP dan Ketua Umum PIA Ardya Garini juga selaku Pembina Yasarini Pengurus Pusat , Ibu Maya Imam Sufaat beserta rombongan tiba di Lanud Supadio Pukul 16.30 WIB, menggunakan Pesawat TNI AU Fokker F 28 A 2803 VVIP. Pesawat VVIP yang berhome base di Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma ini dipiloti oleh Mayor Pnb Firman, Kedatangan Kasau disambut oleh Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Kustono,S.Sos, satu Regu Jajar Kehormatan, Pangdam XII/TPR, Kapolda Kalbar, Danlanal Pontianak, para Kepala dinas, Komandan Satuan dilingkungan Lanud Supadio, dan Muspida Kalimantan Barat, Jumat, (19/8)

Kedatangan Kasau beserta rombongan di Lanud Supadio merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja (kuker) yang akan berlangsung selama dua hari. Seusai penyambutan di Apron Lanud Supadio, Kasau dan Rombongan langsung VIP room untuk melaksanakan istirahat, selanjutnya Kasau dan rombongan menuju ke Hanggar Skadron Udara 1 untuk melaksanakan buka puasa bersama dengan seluruh Anggota Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Batalyon 465 Paskhas, dan dilanjutkan salat trawih berjamaah di Masjd Baitussalam Lanud Supadio. Dan untuk kegiatan esok hari Kasau beserta rombongan melaksanakan peninjauan ke Air Weapon Range (AWR) gunung Tamang. Sumber, http://tni-au.mil.id/


Peringatan Nuzulul Qur’an 1432 H Di Lanud Surabaya
Pentak Lanud Sby - 19/08/2011
Komandan Lanud Surabaya Asep Dian Hermawan sedang memberikan sambutan dihadapan anggota Lanud Surabaya pada acara Nuzulul Qua’an di Masjid Abdurrahim Surabaya.

 “Pada bulan Ramadhan terdapat peristiwa yang sangat penting untuk dijadikan acuan dan pelajaran bagi kita, yaitu peristiwa turunnya permulaan wahyu Illahi Al Qur’anul Karim”, ungkap Komandan Lanud Surabaya, Asep Dian Hermawan dalam peringatan Nuzulul Qur’an di masjid Abdurrahim Lanud Surabaya, Jumat (19/8).

Dalam sambutannya Komandan Lanud juga menyampaikan terimakasih kepada penceramah K.H.Drs Syahmin Hidayat yang telah berkenan hadir untuk menyampaikan ceramah dalam peringatan Nuzulul Qur’an di Lanud Surabaya.

Harapan beliau dari peringatan Nuzulul Qur’an kali ini adalah agar para anggota dapat mengamalkan nilai-nilai dan perintah yang terdapat dalam Al Qur’an. Dengan begitu maka benteng diri para anggota akan semakin kuat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dan berkeluarga khususnya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Hal ini sesuai dengan himbauan dari pimpinan agar para anggota senantiasa membentengi keluarga dengan iman dan taqwa kepada Tuhan YME sehingga akan terbentuk keluarga yang tangguh dan dapat mendukung tugas dalam membela bangsa dan negara. Sumber, http://tni-au.mil.id/


Pola Pendidikan Militer Tingkatkan Kualitas Prajurit
Pentak Lanud Slm - 19/08/2011
Kadisops Lanud Sulaiman Letkol Lek I Wayan Mahendradata, S.T memberikan ucapan selamat kepada perwakilan siswa pada upacara penutupan pendidikan Susbatek SBM Angkatan ke-12, di lapangan upacara staf II Lanud Sulaiman. (foto : Pentak Lanud SLM), Bandung (19/8)

Pola pendidikan militer yang selama ini diterapkan, pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya prajurit, agar setiap prajurit memiliki disiplin tinggi, kesemaptaan jasmani yang kuat serta tetap berjiwa Pancasila, Sapta Marga, dan Sumpah Prajurit. Selain itu, sasaran akhir yang dicapai oleh setiap lembaga pendidikan adalah mencetak kader prajurit TNI AU yang mampu mempertebal rasa cinta tanah air, memperkokoh semangat kebangsaan, serta selalu mawas diri terhadap jati dirinya selaku prajurit pejuang dan pejuang prajurit.

Hal tersebut diungkapkan dalam sambutan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto, Susetio, S.I.P yang dibacakan Kadisops Lanud Sulaiman Letkol Lek I Wayan Mahendradata, S.T selaku Inspektur Upacara pada penutupan pendidikan Susbatek (Kursus Bintara Teknik)Stasiun Bumi Mini Angkatan ke-12 yang dilaksanakan di lapangan ucapara staf II Lanud Sulaiman, Bandung. Pendidikan yang dilaksanakan di Skadik 202 Lanud Sulaiman selama dua bulan tersebut diikuti 15 orang siswa bintara menetapkan sertu Oki Wijaya sebagai siswa lulusan terbaik. (Jum’at,19/8)

Dalam sambutan yang dibacakan Kadisops dinyatakan bahwa para lulusan harus tetap menunjukkan kesungguhan, semangat, dan motivasi yang tinggi. “Para lulusan harus mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat dengan terus berinovasi dalam bekerja dan bertugas,” kata Kadisops. Lebih lanjut dinyatakan bahwa tujuan para lulusan mengikuti pendidikan tersebut agar dapat menjadi bintara yang berprofesi elektronika dan bertugas sebagai teknisi stasiun bumi mini tercapai.

Dengan diberikan pengetahuan dan ketrampilan dibidang pemeliharaan peralatan SBM diharapkan tanggung jawab yang dibebankan di pundak kalian akan mampu dilaksanakan dengan memberikan hasil yang terbaik. Meskipun kalian telah menyelesaikan pendidikan ini, bukan berarti ilmu yang diperoleh akan berhenti sampai di sini, kembangkanlah dan tempalah kemampuan diri kalian untuk tetap terus belajar dan berlatih, dengan terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berubah dan kian maju.

Sejalan dengan tujuan pendidikan tersebut, maka pendidikan inipun diharapkan mampu menghasilkan personel TNI Angkatan Udara yang dapat menampilkan empat karakter, yaitu kejuangan, profesionalisme, integritas pribadi serta moral prajurit yang tinggi. Karenanya, peningkatan kualitas tidak akan terwujud dengan sendirinya, akan tetapi harus dilakukan secara konsisten dengan didukung oleh tekad dan semangat juang yang tidak kenal menyerah.

Diakhir sambutannya, Danlanud berpesan dan menegaskan bahwa ada tiga faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam menempuh kariernya, yaitu motivasi, semangat juang, dan taqwa. Dengan motivasi kita akan terus berusaha menemukan cara-cara terbaik untuk mencapai tujuan. Dengan semangat juang kita tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan dan hambatan yang bagaimanapun beratnya. Dengan taqwa kita akan selalu merendah dalam keberhasilan dan mengambil hikmah dari kegagalan. Sumber, http://tni-au.mil.id/


Rapat Kerja Koordinasi Penentuan DLKr di Lanud Adi
Pentak Lanud Adi - 19/08/2011
Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto marsekal Pertama TNI Abdul Muis menghadiri Rapat Kerja Koordinasi Penentuan Daerah Lingkungan Kerja (DLKr) Bandara Adisutjipto, Kamis (18/8).

Rapat kerja yang diselenggarakan di Ruang Rapat Komandan Lanud Adisutjipto itu dipimpin oleh Kepala Dinas Fasilitas dan Konstruksi Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Noer Arifin. Turut hadir pula Kadisbangsops Marsma TNI Hari Muljono, para pejabat baik dari Mabes Angkatan Udara maupun dari Kodikau, Tim Aset Lanud Adisutjipto serta Kaprimkopau II Lanud Adisutjipto.

Kepala Dinas Logistik Lanud Adisutjipto Kolonel Tek Susanto menjelaskan, acara Rapat Kerja Koordinasi Penentuan DLKr selain diisi pembahasan tentang kedudukan Lanud Adisutjipto sebagai project pilot dalam kebandaraan juga untuk mendengarkan sosialisasi Kesepakatan Bersama antara TNI Angkatan Udara, Dirjen Perhubungan Udara, PT Angkasa Pura I dan II tentang Pengaturan Penggunaan Bersama Pangkalan Udara dan Bandar Udara, yang disampaikan Kadisbangopsau.

Rapat Kerja Koordinasi Penentuan DLKr, lanjut Kadislogs, juga diisi diskusi yang dipimpin oleh Kadisfaskonau. Diskusi mengangkat masalah pemanfaatan/penggunaan aset yang ada di Lanud Adisutjipto yang mengacu pada aturan dari aspek keudaraan maupun Menteri Keuangan. Sumber, http://tni-au.mil.id/


PANGLIMA TNI : PARA PEJUANG MEMILIKI SIFAT HAKIKI, LESTARI, LUWES DAN DINAMIS
Pen Seskoau - 18/08/2011
Penseskoau, Kamis (18/8), Nilai nilai perjuangan yang dilahirkan para pejuang itu memiliki sifat hakiki, lestari, luwes dan dinamis, karenanya tetap relevan untuk dijadikan sumber motivasi dan inspirasi bagi generasi penerus bangsa ini, demikian potongan sambutan Panglima TNI pada upacara bendera tanggal 17 agustus 2011 yang dibacakan oleh Wakil Komandan Seskoau Marsekal Pertama TNI Madar sahib HS.,Psc.,SSp di lapangan apel Seskoau Lembang Bandung Barat.

Dengan nilai nilai perjuangan, kita akan mampu bertahan secara teguh dan konsisten namun tetap dalam sikap yang luwes, dinamis dan antisipatif dalam menghadapi berbagai ancaman yang merongrong keselamatan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia, demikian menurut Panglima TNI, selanjutnya Panglima mengingatkan bahwa ancaman yang merongrong keselamatan bangsa dan negara ini bukan semata-mata datang dari luar, tetapi justru yang lebih dominan, muncul dari dalam diri bangsa ini, antara lain ditandai dengan menurunnya semangat nasionalisme, rendahnya militansi serta melunturnya jati diri dan kultur bangsa ini.

Sejalan dengan hal tersebut menurut Panglima TNI, pasti akan memunculkan anggapan negatif di sebagian kalangan masyarakat bahwa negara kita adalah negara yang lunak, dan bangsa kita adalah bangsa yang lembek, menggampangkan permasalahan serta tidak memiliki kepekaan terhadap pelanggaran dan penyelewangan seperti halnya korupsi, karena itu di saat bangsa dan negara menghadapi problema kehidupan nasionalnya yang begitu berat dan kompleks maka jiwa, semangat dan nilai nilai perjuangan itu tetap harus menjadi pegangan yang teguh, dan kemudian ditumbuhkembangkan, didinamisasikan, dan diaktualisasikan secara lebih konkrit lebih responsif dan lebih akomodatif untuk menyelesaikan masalah masalah bangsa tersebut.

Hadir pada upacara ini para pejabat Seskoau, para perwira penuntun, seluruh Pasis Seskoau angkatan 48 serta anggota Seskoau yang terdiri dari Perwira, Bintara ,Tamtama dan PNS Seskoau. Sementara itu pada kesempatan yang sama Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Boy Syahril Qamar SE, dan beberapa pejabat Seskoau menghadiri upacara pengibaran bendera di lapangan Gasibu bersama Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan. Sumber, http://tni-au.mil.id/


PASKIBRA KUNJUNGI SKADRON UDARA 1
Pentak Lanud Spo - 18/08/2011
Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Propinsi Kalimantan Barat berjumlah 27 orang yang didampingi 4 orang pelatih mengunjungi Skadron Udara 1, Kamis (18/8) dan diterima oleh Kasibinpotdirga Lanud Supadio Mayor Psk Catur. Adapun para anggota Paskibara ini merupakan putra dan putri terbaik se-kota dan se-Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat.

Dalam arahannya Kasibinpotdirga mengatakan. bangga dan terima kasih kepada Paskibra yang telah berkunjung di Skadron Udara 1 ini. Dengan adanya kunjungan ini merupakan wujud nyata pembinaan potensi dirgantara (Binpotdirga). ”Semoga diantara anggota Paskibara ini kelak dapat bergabung dengan kami di TNI Angkatan Udara, ” harap Kasibinpotdirga.

Setelah mendengarkan arahan dari Kasibinpotdirga, dan para Perwira Penerbang Skadron Udara 1, para anggota Paskibra diberi kesempatan untuk melihat dari dekat sarang ”Elang Khatulistiwa” di Skadron Udara 1. Selain melihat dari dekat pesawat Hawk 100/200, mereka juga melihat kesiapan seorang penerbang apabila hendak melakukan tugas terbang. Tak ketinggalan beberapa diantara mereka juga mengabadikan melalui handphone dengan berpose di pesawat sebagai kenang-kenangan. Sumber, http://tni-au.mil.id/


FLY PASS HUT RI DI ISTANA NEGARA
Pentak Lanud Iwj - 18/08/2011
Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Ian Fuad, menceritakan pengalamannya didepan Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI M. Syaugi, S.Sos., di Hanggar Skadron Udara 3, Kamis, (18/8). (Foto:Pentak Lanud Iswahjudi)

Bagi penerbang, terbang merupakan hal yang lumrah dan biasa, namun akan menjadi sangat luar biasa apabila terbang diatas Istana Negara pada peringatan HUT ke 66 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Jakarta, Rabu (17/8).

Dalam sejarah, baru pertamakali perayaan HUT RI di Istana Negara dilaksanakan terbang formasi dan fly pass dengan menggunakan pesawat tempur F-16/Fighting Falcon, demikian dengan bangga diungkapkan Komandan Skadron Udara 3, Letkol Pnb Ian Fuady di hadapan Danlanud Iswahjudi.

Sementara Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI M. Syaugi, merasa bangga pula, karena apa yang telah direncana dan disiapkan baik pesawat, teknisi dan penerbang dapat melaksanakan tugas dengan baik dan aman.

Usai pelaksanaan Fly Pass di Istana Negara, burung–burung besi dari jajaran Wing 3 Tempur tersebut esoknya , hari ini Kamis (18/8) kembali ke Home Base, dan disambut langsung oleh Komandan Lanud Marsma TNI M. Syaugi dan segenap pejabat Lanud Iswahjudi, dihanggar Skadron Udara 3.

Fly Pass yang dilaksanakan pada HUT ke-66 Kemerdekaan RI di Istana Negara tersebut, melibatkan enam pesawat tempur F-16/Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, serta dua pesawat angkut C-130 Herkules.

Tampak pada gambar : Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Ian Fuad, menceritakan pengalamannya didepan Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI M. Syaugi, S.Sos., di Hanggar Skadron Udara 3, Kamis, (18/8). (Foto:Pentak Lanud Iswahjudi). Sumber, http://tni-au.mil.id/


Satu Flight Pesawat Tempur Sukhoi 27/30 Kembali ke Home Base
Pentak Lanud Hnd - 18/08/2011
Satu Flight pesawat tempur Sukhoi yang terdiri dari pesawat Tempur Sukhoi SU-30 MK2 dan SU-27 SKM, Kamis siang (18/8) kembali ke home base di Skadron Udara 11 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, usai melaksanakan kegiatan ikut memeriahkan Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-66 dengan melaksanakan terbang Fly Pass di wilayah udara Istana Negara Jakarta.

Satu Flight Pesawat Tempur Sukhoi 27/30 yang berada di Lanud Halim Perdanakusuma sejak hari Jumat (12/8) melaksanakan persiapan untuk terbang fly pass bersama satu flight pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahyudi Madiun.

Adapun para penerbang Sukhoi yang terlibat dalam rangka terbang fly pass di wilayah Udara Istana Negara adalah Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Barhim, Kadisops Kolonel Pnb Palito Sitorus, Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb M. Untung Suropati, Letkol Pnb M. Tony Haryono, Mayor Pnb Dedy I.S. Salam, Mayor Pnb Vincentius Endy .H.P, Mayor Pnb David Ali Hamzah, Kapten Pnb Bambang Banskoro dan Lettu Pnb Setyo Budi Pulungan serta Lettu Pnb Andry Libarsyah. Sumber, http://tni-au.mil.id/



Danlanud Sulaiman: Mencetak Sumber daya manusia yang berkualitas.
Pentak Lanud Slm - 22/06/2011
“Hakekat ilmu pengetahuan, yaitu siapa yang menguasai ilmu, akan lebih mudah dalam memecahkan berbagai masalah, baik dalam kedinasan maupun diluar kedinasan. Filosofi ini didasari oleh akal budi dan nurani kemanusiaan yang identik dengan sifat, dengan harapan nantinya para CPNS yang diterima bekerja di lingkungan TNI Angkatan udara dapat memahami tugas, memiliki rasa ingin tahu dan mau bekerja keras serta memanfaatkan semaksimal mungkin pengetahuan kecakapan intelektualnya ”.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P dalam amanatnya pada upacara penutupan pendidikan Latihan dasar kemiliteran CPNS TNI AU Golongan II Angkatan ke-6, bertempat di lapangan apel staff II Lanud sulaiman Bandung, Rabu (22/6).

Pendidikan Latsarmil yang diikuti oleh 228 orang siswa ini bertujuan untuk membentuk calon PNS agar memiliki sikap mental, kesamaptaan fisik , disiplin sesuai dengan watak dan karakter sebagai insan Pancasila serta memahami pengetahuan kesadaran tentang bela Negara.

Ditambahkannya, Para lulusan telah memahami materi kejuangan, pengetahuan dan ketrampilan dasar profesi yang meliputi permildas, serta pembinaan jasmani dengan baik, diharapkan para calon PNS sebagai komplemen akan saling membahu, saling melengkapi dalam melaksanakan tugas pokok TNI Angkatan udara di masa mendatang secara profesional dan memiliki disiplin yang tinggi, bertanggung jawab, loyal serta memiliki kebanggaan terhadap profesinya. Tambah Danlanud.

Ditegaskan, kepada para siswa yang lainnya pun harus menyadari bahwa sesungguhnya pendidikan di Lanud Sulaiman ini memiliki visi dan misi yang sama. ”Karena itu, tetap pelihara rasa solidaritas dan soliditas agar tujuan sebenarnya dari mengikuti pendidikan ini adalah untuk mencapai sumber daya manusia yang berkualitas, baik secara profesional maupun proporsional,” tegas Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P.

Pendidikan Latsarmil Angkatan ke-6 ini memutuskan CPNS Eka yuliatun dari Setum Mabesau sebagai siswa lulusan terbaik. Setelah satu bulan menempuh pendidikan di Skadron pendidikan 204 Lanud Sulaiman.

Keterangan Gambar : Tampak dalam gambar Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio S.I.P, sedang memberikan ucapan selamat kepada mantan siswa terbaik Golongan II Eka Yuliatun dari Satuan Setum Mabesau, di lapangan upacara staf II Lanud Sulaiman. Bandung (22/06). Sumber, http://tni-au.mil.id/


KEMBALI FIGHTER IWJ RAIH 1000 & 2000 JAM TERBANG
Pentak Lanud Iwj - 21/06/2011
Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Ismono Wijayanto, menyematkan badge 2000 jam terbang kepada Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Ian Fuadi, Selasa 921/6). (Foto : Pentak Lanud Iswahjudi).

Prestasi demi prestasi ditorehkan kembali oleh penerbang tempur Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, diantaranya Komandan Skadron Udara 3, Letkol Pnb Ian “Hyena” Fuady, yang merupakan salah satu dari lima (5) penerbang tempur F-16/Fighting Falcon, yang mencatatkan diri meraih 2000 jam terbang.

Sementara pada waktu yang sama diraih pula 1000 jam terbang oleh Kapten Pnb Gusti Made Yoga “Bettle” Ambara, setelah bergulat dengan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon selama lebih kurang 9 tahun di Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi.

Seperti biasa bagi penerbang tempur di Lanud Iswahjudi yang meraih prestasi 1000 dan 2000 jam terbang, diadakan upacara tradisi berupa penyematan Badge 1000/2000 jam terbang oleh Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Ismono Wijayanto, serta penyiraman air kembang, di depan Hanggar Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Selasa (21/6).

Letkol Pnb Ian Fuady, merupakan alumnus AAU tahun 1993, lahir di kota Cimahi Bandung, saat ini menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3, sedangkan Kapten Pnb Gusti Made Yoga Ambara, merupakan alumnus AAU tahun 2000, saat ini menjabat Dan Flight “C” Skadron Udara 3.

Dalam sambutan singkatnya Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Ismono Wijayanto mengatakan, untuk meraih prestasi 1000 dan 2000 jam terbang tidak mudah, harus dengan dedikasi dan kinerja yang baik, hendaknya prestasi ini dapat dijadikan contoh bagi penerbang yunior untuk lebih berprestasi.

Namun kesemuanya itu lanjut Danlanud, prestasi 1000 dan 2000 jam terbang tidak akan tercapai tanpa adanya kerja tim (Team Work) yang baik dalam hal pemeliharaan/perawatan pesawat terbang, karena hanya dengan perawatan/pemeliharaan yang baik maka prestasipun dapat diraih.

Oleh karenanya pada kesempatan tersebut, Marsma TNI Ismono tidak hanya menyampaikan penghargaan kepada dua orang penerbang tempur yang berprestasi tersebut, tetapi juga menyampaikan penghargaan kepada para teknisi dan “Ground Crew “ yang terus meningkatkan kinerjanya sehingga pesawat dalam kondisi laik terbang “Serviceable”. Sumber, http://tni-au.mil.id/



86 Calon Siswa Mengikuti Seleksi Di Wingdiktekkal
Pentak Wdt - 24/05/2011
Calon Siswa Susbamenjur Senjata dan Susjurlata Ranmor serta Susjurlata BMP sedang melaksanakan tes Akademis, di hanggar Skadik 303 Wingdiktekkal (Foto Pen WDT).

Sebanyak delapan puluh enam anggota Bintara dan Tamtama TNI Angkatan Udara mengikuti seleksi kursus Bintara manajemen kejuruan (Susbamenjur) Senjata, kursus kejuruan lanjutan Tamtama (Susjurlata) kendaraan bermotor (Ranmor) dan Susjurlata BMP yang dilaksanakan di Wingdiktekkal, Kalijati, Selasa (24/5).

Seleksi yang dilaksanakan selama tiga hari mulai dari Selasa s.d Kamis meliputi adminitrasi, tes akademis, kesemaptaan jasmani, kesehatan dan pantohir ini diikuti oleh 25 anggota Bintara yang mengikuti seleksi Susbamenjur Senjata, 36 anggota Tamtama Susjurlata Ranmor dan 25 angota Tamtama Susjurlata BMP. Tujuan dari seleksi ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tentang pengetahuan dari para calon siswa tentang bidangnya dan matra udara serta kesehatan apakah dari calon siswa ini benar-benar sehat dan mampu melaksanakan kesemaptaan jasmani yang baik yang sesuai dengan standar seorang prajurit, setelah tes selesai baru dilanjutkan dengan penentuan akhir yaitu pantohir dimana para pejabat baik dari Wingdiktekkal, Disdikau dan Bimprof masing-masing mengadakan seleksi akhir dimana penentuan akhir ini akan menentukan bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikan yang akan dilaksanakan di Wingdiktekkal mulai Jumat (27/5) mendatang.

Dalam kegiatan seleksi ini hadir selaku ketua panitia penerimaan pusat, Kepala Subdinas Pendidikan Bintara Tamtama (Kasubdisdikbata) Kolonel Tek Hariandi Atmono, dan didampingi oleh Letkol Adm Petrus serta Mayor Adm Hendra Gunawan serta panitia dari Wingdiktekkal.sumber, http://tni-au.mil.id


DANLANUD SUPADIO CANANGKAN KELUARGA HARMONIS
Pentak Lanud Spo - 20/05/2011
Peran istri didalam suatu rumah tangga tidak dapat dipandang sebelah mata. Karena tanpa peran serta istri yang baik dalam mengatur dan membina rumah tangga maka keluarga tersebut akan kandas dan tidak sedikit yang berakhir. Kalau sudah begitu maka yang menjadi korban adalah anak-anak. Oleh sebab itu diperlukan komunikasi, kerjasama yang baik dan saling asah, asih serta asuh antara suami dan istri sehingga tercipta keluarga yang harmonis.

Demikian arahan Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos dihadapan ibu-ibu PIA Ardhya Garini di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1 serta Batalyon 465 Paskhas pada acara arisan gabungan di balai prajurit Lanud Supadio, Jum’at (20/5).

Untuk mencapai keluarga harmonis, lanjut Danlanud tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena dibutuhkan saling pengertian antara suami maupun istri. Oleh sebab itu saya menerima keluhan atau pengaduan dari ibu-ibu apabila terdapat masalah dikeluarga yang tidak dapat atau sulit diselesaikan dengan suami, terlebih lagi masalah tersebut disebabkan oleh perilaku atau perbuatan suami yang negatif di luar jam kedinasan. Keluhan tersebut dapat diberitahukan kepada saya seawal mungkin sehingga masalah tersebut dapat segera diatasi dan diselesaikan serta masalah tersebut tidak menjadi besar.

“Salah satu dampak negatif dari hubungan yang tidak harmonis antara suami dan istri dapat terbawa kepada kedinasan. Ibu-ibu merupakan istri seorang prajurit yang notabene harus membantu peran serta suami di kedinasan. Kalau hubungan ibu dan suami tidak harmonis maka akan mengganggu kinerja suami di kedinasan sehingga tugas-tugas yang dibebankan suami tidak dapat diselesaikan dengan baik. Hal ini tentunya akan merugikan diri sendiri maupun kedinasan,” tambah Danlanud.

Turut hadir pada acara arisan gabungan antara lain : Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D. I Lanud Supadio Ny. Kustono, para pengurus dan anggota PIA AG baik dari Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Batalyon 465 Paskhas.
Sumber, http://tni-au.mil.id



DANLANUD RANAI SILATURAHMI BERSAMA WARTAWAN NATUNA
Pentak Lanud Rni - 14/02/2011

Komandan Pangkalan TNI AU Ranai Letkol Pnb Danang Setyabudi berfoto bersama dengan Persatuan Wartawan Natuna.

Komandan Pangkalan TNI AU Ranai Letkol Pnb Danang Setyabudi mengadakan temu Wartawan Natuna dalam peringatan Hari Pers ke-65 tahun 2011 di Rumah Makan Sisir Basisir Ranai, Jum’at (11/02).

Dalam acara tersebut Danlanud mengatakan, menjalin silaturahmi insan Pers dengan TNI AU memang perlu ditingkatkan mengingat peran Pers sangat penting dalam pelaksanaan tugas TNI AU ke depan, selamat Hari Ulang Tahun Pers ke-65, sampainya.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan Natuna, Julius Piliang yang mewakil para rekan wartawan menyampaikan, kami berterimaksih kepada Danlanud telah megadakan acara silahturahmi temu insan pers, mudah-mudahan jalinan silaturahmi semakin memepererat hubungan antara TNI AU khususnya Lanud Ranai dengan Wartawan Natuna semakin erat.

Acara yang dilaksanakan secara sederhana ini diakhiri dengan berjabat tangan dan berfoto bersama.sumber http://tni-au.mil.id